Perbedaan Nofollow dan Dofollow


Dalam dunia blogging sering terdengar istilah blog dofollow dan nofollow. Lalu apakah pengertian blog dofollow dan nofollow itu? Bagi para blogger yang sudah lama terjun di dunia blogging tentu sudah paham dan tidak asing lagi dengan istilah ini, namun bagaimana dengan para newbie yang baru belajar ngeblog dan SEO tentu saja istilah ini akan sangat membingungkan.

Maka dari itu WillySEO membuat postingan ini yang bertujuan untuk membagi beberapa hal dan informasi yang saya ketahui tentang blog dofollow dan nofollow serta kekurangan dan kelebihannya masing masing.

Pengertian Blog DoFollow yaitu bahwa Link yang kita masukan  saat berkomentar itu akan dianggap sebagai Backlink oleh mesin pencari seperti google atau bisa juga diartikan menginstruksikan search engine agar memberi efek peningkatan ranking pada link target dari suatu teks hyperlink pada indeks search engine-nya.

Sedangkan Pengertian Blog NoFollow adalah atribut kode HTML yang digunakan untuk menginstruksikan search engine agar tidak memberi efek peningkatan ranking pada link target dari suatu teks hyperlink pada indeks search engine-nya.

Secara default memang setting komentar sebuah blog itu nofollow, tujuannya untuk mengurangi spam, tapi kita bisa mengubahnya menjadi dofollow sehingga siapapun yang berkomentar akan mendapat hadiah kecil berupa backlink abadi karena telah mampir dan berkomentar.

Baiklah, tadi sudah membahas mengenai Pengertian Blog DoFollow dan NoFollow. Sekarang mari lihat beberapa keuntungan dan kerugian Blog DoFollow dan NoFollow

Keuntungan Dan Kerugian Blog Dofollow :

  • Jumlah komentar lebih banyak terutama dari pengunjung yang oportunis yang ingin mengambil keuntungan backlink gratis. Tentunya hal ini merupakan tambahan point untuk meningkatkan pagerank.
  • Sebagian besar komentar adalah SPAM dan tidak berkualitas
  • Pengunjung terutama pengunjung oportunis akan lebih sering berkunjung untuk meninggalkan komentar sehingga jumlahnya semakin meningkat
  • Google Page Rank akan lebih rendah karena efek page rank. Tapi Google juga kurang suka dengan blog yang memiliki terlalu banyak outbound link di banding internal link untuk itu perlu diimbangi dengan backlink dari luar.
  • Peringkat alexa umumnya lebih cepat turun atau rendah untuk blog tipe ini karena traffic blognya makin ramai.

Keuntungan Dan Kerugian Blog Nofollow :

  • Jumlah komentar lebih sedikit dan berasal dari pengunjung setia blog atau pengunjung baru yang ingin berkenalan ataupun hanya blogwalking.
  • Kualitas komentar lebih baik dan umumnya komentar diberikan karena isi tulisan bermanfaat atau berupa pertanyaan.
  • Pengunjung terutama adalah pengunjung setia atau pengunjung baru yang hanya akan kembali lagi bila isi blog bermanfaat menurut mereka
  • Google Page Rank tidak akan terpengaruh.
  • Peringkat alexa umumnya lebih lambat turun kecuali isi blognya menarik dan bermanfaat sehingga ramai dikunjungi pengunjung.
Dengan demikian, melihat kelebihan dan kekurangan dari masing-masing tipe blog dofollow maupun nofollow, sekarang sepenuhnya terserah anda mau mengubah blog anda menjadi Dofollow atau Nofollow.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Perbedaan Nofollow dan Dofollow

22 comments:

  1. ohh gitu gan.. tapi ane tetep milih nofollow :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya itu terserah agan, mau milih yang dofollow pun gak apa apa :D

      Delete
  2. Oh jadi begitu toh perbedaan antara nofollow dan dofollow. Bagus.

    ReplyDelete
  3. mantaaaap ifo baru nih :D
    mantaaaap gan :D
    jgn lupam mampir balik :D
    salam kenal

    ReplyDelete
  4. wah baru tau saya gan perbedaannya :), nice info nih gan :D

    ReplyDelete
  5. wah, kalo gitu ane yg nofollow aja deh sob

    ReplyDelete
  6. hahaha, ane milih nofollow deh bang, soalnya kalo dofollow tempat spammer :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahah bisa jadi gan, malesnya dofollow itu jadi tempat spammer :D

      Delete
  7. blog saya dulu dofollow, dan beberapa bulan langsung dapat pagerank 2 google.
    yg sekarang nofollow, baru naik ke pagerank 0 google -_-
    #curhat hahaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin blog jarang update artikel atau kurangnya backlink :D

      Delete
  8. Owh gitu mas bro :) Terimakasih atas informasinya,. skrg saya jadi paham apa itu dofollow yang sering saya dengar :D Thanks yahhh

    ReplyDelete

Copyright ©2016 WillySEO
Theme designed by Bamz
Powered by Blogger