Keuntungan dan Kerugian Pasang iklan PPC


Di internet, ada banyak sekali situs PPC. Sistem yang diberlakukan hampir sama. Yang berbeda pada ketentuan, besaran pembayaran, minimal payout, dan lain sebagainya. Situs PPC yang paling digemari oleh webmaster (pengelola blog) antara lain Google AdSense, KlikSaya, IdBlogNetwork, PPCBlogger, Chitika, dan masih banyak lagi.

Kini sudah banyak sekali para pengelola blog yang berpartisipasi dalam program PPC. Namun, anda juga perlu berfikir secara komprehensif. Apakah situs PPC ini benar-benar bisa memberikan penghasilan? Apakah anda akan rugi ataukah untung jika pasang iklan PPC di blog? Dan bagaimana konsekuensinya jika anda berpartisipasi dalam bisnis PPC?

Keuntungan Iklan PPC :

Tiap bulan bisa payout

Setiap bulan bisa memperoleh bayaran dari situs PPC merupakan ekspektasi setiap orang yang berpartisipasi dalam bisnis PPC. Namun, untuk bisa sukses dari bisnis PPC ternyata tidak mudah jika trafik blog/web anda rendah.

Tidak perlu mencari advertiser

Ada keuntungan tersendiri jika anda bisa pasang iklan PPC di blog. Yakni anda tidak perlu susah payah untuk mendapatkan pengiklan, karena iklan sepenuhnya sudah diatur oleh pihak PPC. Meskipun trafik blog anda rendah, pasti selalu ada iklan di blog anda. Beda halnya jika anda buka lapak iklan sendiri. Anda perlu meningkatkan jumlah trafik terlebih dahulu dan juga ranking blog anda agar para pengiklan bersedia memasang iklan mereka di blog anda.

Passive income

Bisnis online PPC termasuk bisnis yang santai untuk dilakuan. Selain gratis juga mudah untuk dipraktekkan. Anda hanya perlu membuat akun di situs PPC dan pasang iklan mereka di blog anda. Tugas anda hanya mengelola blog dengan cara menyajikan artikel/postingan yang menarik dan bermanfaat untuk orang lain. Uang akan mengalir dengan sendirinya. Beda halnya jika anda menyewakan lapak iklan di blog kepada para advertiser. Anda perlu meningkatkan jumlah pengunjung terlebih dahulu agar mereka (advertiser) mau pasang iklan di blog/web anda.

Usaha sampingan

Admin tidak merekomendasikan bahwa bisnis PPC untuk pekerjaan utama anda karena alasan ketidakpastian tersebut. Karena sewaktu-waktu anda bisa dinonaktifkan secara sepihak oleh situs PPC. Anda ibarat karyawan. Oleh karena itu, anda perlu mematuhi syarat dan ketentuan yang berlaku pada situs penyedia PPC. Saran Admin, jadikan bisnis PPC sebagai usaha sampingan.

Kerugian Iklan PPC :

Belum sempat payout malah di banned

Ini yang sering terjadi. Berbulan-bulan ngeblog untuk mendapatkan uang dari blog dengan berpartisipasi pada bisnis PPC, dan ketika akan mendekati payout, malah di banned oleh situs penyedian PPC secara sepihak. Ini biasanya terjadi karena kesalahan publisher yang tidak mentaati peraturan yang berlaku. Alhasil uang yang dikumpukan berbulan-bulan lenyap seketika. Untuk itu, pastikan apabila anda mengikuti program PPC, anda harus mematuhi ketentuan yang berlaku, supaya akun anda aman dan terhindar dari banned.

Sistem bagi hasil

Apabila trafik blog/web anda tinggi, mungkin anda bisa dikatakan rugi jika monetasi blog anda dengan situs PPC, karena sistem yang diberlakukan dalam bisnis PPC adalah sistem bagi hasil. Biasanya 50% untuk pihak situs PPC dan 50% untuk pihak publisher. Jadi, misalkan harga klik per iklan Rp 10.000, maka anda hanya akan memperoleh Rp 5.000. Yang Rp 5.000 lagi untuk situs PPC.
Padahal, apabila sebagian space di blog anda di sewakan kepada advertiser lain, maka anda akan memperoleh bayaran sepenuhnya. Dan itu dibayar di muka, bukan di akhir seperti ketentuan yang berlaku pada situs PPC.

Syarat dan ketentuan yang ketat

Anda akan selalu terkait dengan Term Of Service (TOS) situs PPC yang mana aturannya bisa dibilang cukup ketat. Anda tidak bisa bebas untuk membuat konten/artikel di blog anda, karena ada betasan-batasan tertentu yang tidak diperbolehkan oleh situs PPC. Selain itu, anda tidak boleh mengklik iklan anda sendiri, dan juga tidak boleh mengoptimasi blog web anda secara berlebihan. Karena hal itu sangat berisiko bagi akun PPC anda.

Mempengaruhi loading blog dan performa blog

Banyak iklan PPC yang sangat mempengaruhi loading blog. Yakni loading blog menjadi berat setelah script iklan PPC dipasang di blog. Hal itu sangat merugikan anda dan juga pemirsa blog anda. Selain itu yang tak kalah penting adalah tampilan atau materi iklan sepenuhnya diatur oleh pihak situs PPC. Sehingga terkadang iklan yang ditampilkan pun kurang menarik dan juga mengganggu kenyamanan pengunjung.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Keuntungan dan Kerugian Pasang iklan PPC

24 comments:

  1. Yang penting kita bersenang senang di kala komisinya keluar, hehehee

    ReplyDelete
  2. makasih gan infonya, kunjungan perdana nih ;) salam kenal

    ReplyDelete
  3. mantap nih artikelnya.. thanks.. :D

    ReplyDelete
  4. 1 lagi kerugian iklan PPC, nambah dollarnya lama. coz 1 kali klik biasanya cuma dapet 0,001 $ :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha itu kalo via yang lain, kalo via Adsense mah gak mungkin $.001.
      Kalo maen CPM model MadAdsMedia dan Adversal atau PPC model Chitika. Dapet $0.001 itu udah biasa, apalagi kalau traffic minim dan itupun hanya dari negara non-premium.

      Tapi bener mas Willy, mending sewain space kalo traffic bejibun. Kalo PPC (PPC Indo) gk terlalu menguntungkan.

      Saran saya kalau mau berburu Rp atau $$$, maen aja CPM atau bikin slot iklan tersendiri pasti manteb :)

      Delete
    2. iya gan, mending sewain slot iklan. uangnya lebih menjanjikan daripada PPC yang belum tentu uangnya menjanjikan :D

      Delete
  5. terimakasih gan ... sebetulnya saya mau tanya nih mas.. kalau saya pasang iklan di blog saya seperti sitti itu selalu mengganggu loading .. apa ada sarannya mas tips nya pasang iklan loading tetap cepat ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama sama. sebetulnya kan itu menambah kode dan itu kode iklan sistemnya acak gan (mungkin), jadi intinya menambah kode, berarti menambah berat =D

      Delete
    2. Lalu apakah Ada cara agar Biar ga nambah berat mas :)

      Delete
    3. mungkin memakai ini :

      http://willyseo.blogspot.com/2013/04/Lazy-Load.html

      tapi tidak tau, apakah menambah ringan atau malah bertambah berat :)

      Delete
    4. kalo pake adsense tinggal pilih kode yang asynchron sob... :)

      Willy : bagus artikelnya, mampir balik y.. :D

      Delete
  6. Yang ane gak suka dari PCC adalah rawan banned, dan pembayarannya lama, thanks for sharing.

    ReplyDelete

Copyright © WillySEO
Theme designed by Bamz
Powered by Blogger