Mengenal Pada Kode Elemen / Widget pada Layout Blogger


Mengenal Pada Kode Elemen / Widget pada Layout Blogger - Mengenal Elemen Halaman Untuk Layout template Blogger atau biar lebih dipahami adalah kode widget. Kode tag Elemen ini berada didalam tag <body> contohnya seperti sidebar, footer dll. Saat dihalaman editing Layout kita bisa menambahkan widget Label, Gambar, HTML dll.

Coba cari kode seperti dibawah ini :

<b:section id='header' class='header' maxwidgets="1" showaddelement="no">
</b:section>

Berikut adalah yang di sering kita temui di tag <b:section> kode pengemas widget.

  • id : Ini diperlukan untuk mengetahui posisi widget sebagai apa, misalnya 'header,' 'sidebar' bisa anda nama'i sesuka anda, ini juga merupakan selektor '#header' jadi anda bisa berkreasi di selektor '#header' dengan CSS.  
  • class : Ini boleh ada boleh tidak, ini juga hampir sama pada 'id' memudahkan untuk mentrafer widget jika berganti template, 'navbar,' 'header,' 'main,' 'sidebar,' dan 'footer.' dll. Bisa juga dinama'i sesuka anda, ini juga merupakan selektor misalnya '.header' jadi anda bisa berkreasi di selektor '.header' dengan CSS.  
  • maxwidgets : kode ini boleh ada boleh tidak, ini merupakan peritah berapa batas maximal kita bisa menambahakn widget, misalnya maxwidgets="1" jadi widget yang bisa ditambahkan cuman satu saja.  
  • showaddelement : kode ini boleh ada boleh tidak, ini berfungsi untuk menmapilakan pada halam editing layout menampilkan link 'Add a Page Element' / 'Tambah Widget' . jadi kita bisa memasukan voulenya dengan 'yes atau 'no' saja.  
  • growth : boleh ada boleh tidak, ini kode berfungsi untuk menentukan apakah widget di tumpuk atau side by side. Bisa disikan dengan volue 'horizontal' atau 'vertical,' aslinya 'vertikal'.  
  • b:section : ini adalah kode pembuka dan penutup jadi hukumnya wajib ada. 

Kemudian setelah kode diatas adalah kode widget berada didalam tag b:section :

<b:widget id="header" type='HeaderView' locked="yes"/>
<b:widget id="myList" type='ListView' locked="no" title="My Favorite Things"/>
<b:widget id=”BlogArchive1” locked=”false” mobile=”yes” title=”Blog Archive” type=”BlogArchive”/>

  • id - diperlukan, jika ingin mengubah nama ID widget Anda harus mengahapus terlebih dahulu widgetnya dan buat yang baru. 
  • type - diperlukan, ini menunjukkan jenis (type) widget. Contoh jenis-jenis widget : BlogArchive, Blog Feed, Header, HTML, SingleImage, LinkList, List, Logo, BlogProfile, Navbar, VideoBar, NewsBar
  • locked - boleh ada boleh tidak, voulenya dengan 'yes atau 'no' saja. Ini berfungsi untuk menentukan pakah widget dapat dipindah dan dihapus pada editing layout, di page element. title - boleh ada boleh tidak, jika tidak digunakan maka sebagi defaoultnya, contoh misalnya 'label1'. 
  • pageType - boleh ada boleh tidak, voulenya bisa diisi 'all,' 'archive,' 'main,' or 'item,' kalau aslinya 'all' karena ini berfungsi untuk menampilakan dimana widget akan tampil pada halaman blog seperti kondisional tag. 
  • mobile - boleh ada boleh tidak, voulenya dengan 'yes,' 'no,' ‘only’ atau 'default' as the default. Ini fungsinya pakah widget akan ditampilkan pada tampilan mobile atau tidak. 

Tambahan : Dalam blog Anda saat dipublikasikan, semua tag <b:section> dan <b:widget> akan diganti dengan tag <div>, yang akan memiliki ID tertentu. Jadi, Anda dipersilahkan memodifikasi CSS nya, misalnya, div#header atau div#myList di CSS Anda jika Anda menginginkannya. Seperti yang saya jelaskan di beberapa penjelasan diatas.

Nah jika Anda ingin menambahkan widget dalam template pakai saja kode berikut masukkan dalam posisi yang Anda inginkan misalnya footer :

<b:section id='footer' class='footer' showaddelement="yes"/>

Mungkin ini yang bisa saya jelaskan.. jika ada yang salah mohon koreksinya, terimakasih semoga bermanfaat dan tungu kenjatunya tetang pengenalan kode HTML blogger, Kondisional tag, tag keseluruhan ditemplate blogger dan banyak lagi.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Mengenal Pada Kode Elemen / Widget pada Layout Blogger

2 comments:

  1. wah mastah coding nih mas.. :D
    Informasi Bagus Bro...
    Kapan-kapan coba ah ..

    ReplyDelete
  2. Ane gk ngudeng nih gan :D

    ReplyDelete

Copyright © WillySEO
Theme designed by Bamz
Powered by Blogger